Tugas Anggota Kelompok 7 BAB 4 Komparatif : Amerika dan Asia

Tugas Anggota Kelompok 7

 BAB 4 Komparatif : Amerika dan Asia

 

Nama   : Winda Hartati Sirumapea

Npm    : 27212733

Kelas   : 4EB01

Matkul : Akuntansi Internasional

 

3 SOAL PERTANYAAN DISKUSI Hal 167

 

  1. Apa latar belakang alasan japan’s Big Bang, dan perubahan apa yang terjadi dalam praktik Akuntansi yang di hasilkan dari situ ?

Jawab:

Latar belakangnya adalah kurangnya  standardisasi akuntansi,perusahaan jepang memiliki keterkaitan ekuitas tersendiri dan seringkali bergabung dengan firma milik pribadi yang lain yang disebut kieretsu. Bank biasanya hanyalah bagian dari grup ini, di grup ini pengetahuan mengenai aktivitas perusahaan terbatas pada perusahaan dan anggota lainnya sehingga banyak terjadi kekurangan perusahaan jepang seperti halnya Hilangnya konsolidasi standardisasi menyebabakan adanya perusahaan jepang yang menutupi kerugian operasional dalam usaha gabungan. Dan investor tidak dapat melihat apakah kegiatan operasional perusahaan sepenuhnya benar-benar menguntungkan. Karena alasan tersebut Japan’s Big Bang mulai di tujukan di akhir 1990-an untuk menciptakan perekonomian jepang yang sehat sehingga perusahaan menjadi lebih transparan dan membawa jepang ke arah standardisasi sosial.

Perubahan yang terjadi  dalam praktik akuntansinya karena japan’s bigbang adalah:

  1. Adanya kebutuhan daftar perusahaan untuk laporan arus kas
  2. Penambahan jumlah anak perusahaan yang bergabung berdasarkan kontrol daripada presentase kepemilikan
  3. Penambahan jumlah perusahaan afiliasi yang di laporkan menggunakan metode ekuitas berdasarkan signifikansi pengaruh daripada persentase kepemilikan
  4. Menilai investasi sekuritas pada pasar bukan pada biaya
  5. Menilai persediaan dengan biaya yang lebih rendah atau nilai bersih daripada dengan biaya
  6. Pencadangan penuh atas pajak tangguhan
  7. Akrual penuh bagi kewajiban pensiun dan pemberhentian kerja lainnya.

 

  1. Apa Karakteristik penting akuntansi dan pelaporan yang perlu untuk mengembangkan pasar modal yang efisien dengan perdagangan yang wajar ? Bagaimana kemungkinan cina akan mengembangkan pasar modal seperti itu?Mengapa anda berpendapat demikian?

Jawab :

Karakteristik penting akuntansi yang perlu dan pelaporan yang perlu untuk mengembangkan pasar modal yang efisien dengan perdagangan wajar :

  • Mudah dimengerti (Understandability)
  • Keandalan (Reliability)
  • Bersifat Komparatif
  • Relevansi
  • True and fair view / Fair presentation (benar dan dinilai dengan adil/presentasi yang adil)

Cina dapat meningkatkan kualitas perusahaan agar modal di cina tidak di alokasikan searah tetapi dapat meluas yang akan mengembangkan pasar modal cina. Tidak melakukan penyalahgunaan pasar,seperti meminjamkan uang pada induk perusahaan yang sedang naik dibursa saham daripada menginvestasikannya.

Saya berpendapat demikian karena bila saya baca materi di buku tentang cina  menjelaskan bahwa budaya pasar modal di cina yang belum berpengalaman,karena ada perusahaan yang paling di akui saja masih menyalahgunakan pasar dan masalah lainnya.

 

11.Tujuan Cina adalah mengembangkan standar akuntansi yang diseragamkan dengan praktik internasional.Tulis beberapa bukti yang mengindikasikan standar akuntansi cina yang konsisten dengan praktik” kelas dunia”.

Jawab:

Pada tahun 1992 Departemen keuangan mengeluarkan Accounting Standards for business Enterprises (ASBE) yaitu sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntun perkembangan standar baru akuntansi yang pada akhirnya menyeragamkan praktik akuntansi cina dengan praktik Internasional.

Beberapa bukti perubahan yang mengindikasikan standar kelas dunia seperti departemen keuangan mengganti lebih dari 40 ragam sistem akuntansi  denga 13 industri dan sistem kepemiliakn yang berdasarkan sistem akuntansi, membentuk komite standar akuntansi cina (The China Accounting Standards Committe-CASC) sebagai lembaga berwenang di dalam dapartemen keuangan yang bertanggung jawab mengembangkan standar akuntansi untuk memusatkan standar akuntansi Cina dengan International Financial Reporting Standards (IFRS). Accounting Standards for business Enterprises (ASBE) menjelaskan beberapa aturan di antaranya :

  • Ketentuan umum :Pemeliharaan,pembuatan keputusan di bidang ekonomi,perusahaan menguntungkan,berbasis pencadangan (accrual)
  • Informasi persyaratan akuntansi kualitatif : representasi terpercaya,relevansi,bisa di pahami, bisa dibandingkan, isi melebihi bentuk ,penilaian.
  • Penjelasan tiap elemen :Aset,kewajiban,ekuitas pemilik,pendapatan,beban,laba.
  • Pengukuran akuntansi : Pada umumnya,biaya perolehan ; Jika elemen-elemen yang diukur pada biaya penggantian,nilai realisasi bersih,nilai sekarang, atau harga pasar,perusahaan harus yakin bahwa jumlah tersebut ada dan bisa di ukur.
  • Laporan Keuangan : Neraca,laporan laba rugi,laporan arus kas, dan catatan.

Dari pernyataan di atas dapat di artikan bahwa cina telah berusaha agar standar akuntansi negaranya  sama dengan standar internasional yang berlaku

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s