Penyebab Sakit Perut Ketika Haid Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Perut Ketika Haid Dan Cara Mengatasinya

Datang bulan merupakan salah satu kebiasaan yang dialami oleh wanita normal setiap bulannya. Saat datang bulan atau haid kebanyakan wanita sering mengalami nyeri, pegal-pegal,mual dan sakit perut. Haid merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Nyeri haid terutama dirasakan oleh remaja putri di tahun awal menstruasi, wanita yang beriwayat mendapatkan menstruasi pertama lebih awal (kurang dari 12 tahun) dan wanita yang mengeluarkan darah haid lebih banyak.Sebagian wanita di Dunia ini pasti pernah merasakan sakit perut saat haid atau datang bulan.Rasa sakit yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda ,ada yang biasa saja adapula yang merasakannya sangat nyeri dan mengakibatkan pingsan karena tidak kuat menahan rasa sakit perut tersebut.Sakit perut saat haid bisa jadi merupakan gejala awal adanya penyakit yang bersarang ditubuh anda.salah satu penyakit itu adalah endometriosis yaitu sebuah radang yang berhubungan dengan hormone estrogen,Radang ini disertai perambatan pembuluh darah hingga menonjol keluar dari rahim.Penyebab penyakit Ini adalah karena darah haid tidak keluar semestinya sehingga mekanisme keluarnya darah terjadi secara abnormal di dalam rongga perut wanita. Selain Endometriosis,ada penyakit wanita yang sangat di takuti semua kaum wanita yaitu kista ,kista juga timbul disertai gejala sakit perut saat haid,Kista yang berupa kantung yang berisi cairan ini adalah salah satu penyakit yang sangat menakutkan.karena ada mitos bayang bagi wanita yang memiliki riwayat memiliki penyakit kista akan sulit memiliki anak.Kista dapat muncul karena proses ovulasi,dimana sel telur yang matang keluar dari indung telur,sel telu ini kemudian bergerak ke rahim melalui saluran telur yang telah terganggu.beberapa jenis makanan ini yang harus Anda hindari ketika menstruasi:

1. Kafein

Hindari segala jenis minuman berkafein. Bila Anda mengonsumsinya, pembuluh darah Anda akan menyempit dan tubuh Anda akan mengalami dehidrasi. Hal itu dapat mengakibatkan Anda mengalami sakit kepala dan merasa lebih gugup.

2. Makanan berkadar gula tinggi

Permen dan soda adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, terutama selama periode menstruasi. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak dan mempengaruhi tingkat emosi. Anda lebih mudah tersinggung dan merasa lesu.

3. Makanan yang dipanggang

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa kram dan nyeri selama menstruasi adalah dengan tidak mengonsumsi jenis makanan panggang. Mengapa? Karena di dalam makanan panggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar estrogen yang akan membuat rahim Anda mengalami kram dan terasa sakit.

4. Makanan olahan

Makanan kaleng, menjadi salah satu jenis makanan olahan yang harus Anda hindari ketika menstruasi. Sebab, di dalamnya selalu ada kandungan sodium dan natrium yang dapat menyebabkan terjadinya retensi air dan membuat tubuh Anda membengkak.

5. Biji olahan

Pasta, nasi putih, dan roti adalah hasil dari gandum yang telah diolah. Setelah menjalani pengolahan, hampir semua kandungan nutrisi yang ada di dalamnya hilang. Akibatnya, kadar gula darah Anda menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan Anda mengalami kram saat menstruasi.

6. Makanan yang digoreng

Semua jenis makanan yang telah digoreng terlebih dahulu memiliki kadar lemak dan minyak yang tinggi. Hal itu akan menyebabkan kadar estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan. Oleh karena itu, makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, onion ring, dan sebagainya, harus Anda hindari. Dengan begitu, kondisi rahim Anda menjadi lebih stabil, risiko kram dan nyeri pun dapat diminimalisir. Namun, Anda masih bisa mengkonsumsi jenis makanan ini bila mereka digoreng dengan menggunakan minyak hewan atau minyak sayur.

Disini ada bebrapa solusi untuk meringankan nyeri saat haid atau menstruasi:

Solusi non obat:

  • Tempelkan bantal pemanas ke perut bagian bawah (di bawah pusar). Bila Anda tidak memiliki bantal pemanas, Anda dapat memasukkan air panas ke dalam botol dan membungkus botol tersebut dengan kain sebelum menempelkan ke perut Anda.
  • Letakkan kaki Anda lebih tinggi dari jantung dan perut saat Anda berbaring, atau berbaringlah miring dengan lutut menekuk.
  • Pijatlah perut bagian bawah dengan pijatan melingkar yang ringan.
  • Minumlah minuman yang hangat.
  • Bila Anda merasa mual sehingga selera makan Anda terganggu, sebar waktu makan Anda. Anda juga dapat mengganti makan besar dengan makanan ringan yang lebih sering.
  • Pilihlah diet kaya karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang rendah garam, gula, dan tanpa kafein.
  • Perbanyak asupan vitamin B6, kalsium dan magnesium.
  • Mandilah dengan air hangat.
  • Turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.
  • Berolahraga dapat mengurangi nyeri pada beberapa wanita. Pada beberapa wanita lain, istirahat total lebih membantu.

Solusi obat

  • Obat anti-inflamasi. Perawatan utama nyeri menstruasi adalah kelas obat yang disebut obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen. Mereka bekerja dengan menghentikan produksi prostaglandin oleh tubuh. Mereka juga dapat mengurangi kehilangan darah dengan mengurangi pembekuan darah di dalam rahim. Ada belasan merek obat berbasis NSAID yang dapat Anda beli secara bebas di apotek dan toko obat. Anda harus berhati-hati dengan obat ini jika memiliki penyakit maag, karena dapat mengiritasi lambung.
  • Pil KB. Ini adalah solusi lain untuk nyeri menstruasi. Pil KB bekerja dengan mencegah terjadinya ovulasi, sehingga juga mencegah aktivitas prostaglandin yang menyebabkan kram menstruasi.  Namun, pil KB bukanlah pilihan semua orang. Jika Anda ingin mendapatkan kehamilan, pil KB tentu saja bukan pilihan .

http://majalahkesehatan.com/penyebab-dan-solusi-nyeri-menstruasi/

http://health.liputan6.com/read/651719/6-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-saat-menstruasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s