*PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN*

*PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN*

 

PASAR TRADISIONAL

Pasar tradisional adalah pasar yang dalam pelaksanaannya bersifat tradisional dan ditandai dengan pembeli serta penjual yang bertemu secara langsung.Proses Jual beli biasanya melalui proses tawar menawar harga,dan harga yang diberikan untuk suatu barang bukan merupakan harga tetap atau masih dapat di tawar sehinnga menghasilkan harga yang berbeda lagi.umumnya pasar tradisional menyediakan bahan-bahan pokok serta keperluan rumah tangga,tempat pasar tradisional pun di tempat terbuka atau di pinggir jalan.

Kelebihan:

  1. Pasar tradisional merupakan pasar yang memiliki keunggulan bersaing yang alamiah yang tidak dimiliki secara langsung oleh pasar modern
  2. Lokasi yang strategis yang biasa terletak di sekitar daerah pemukiman masyarakat dan area penjualan yang luas.
  3. Keragaman barang yang lengkap,harga yang rendah dan pasar tradisional lebih mengutamakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti ikan,sayur-sayuran dan sebagainya.
  4. Adanya system tawar menawar yang menunjukkan sikap keakraban antara penjual dan pembeli,yang merupakan keunggulan tersendiri.
  5. Pasar tradisional juga merupakan pendongkrak perekonomian kalangan menengah kebawah,itu memberi efek kepada perekonomian negara,dimana negara ini memang hidup dari perekonomian berskala mikro dibandingkan makro.

Kelemahan:

  1. Lokasi pasar yang kumuh dan kotor serta tidak teratur.
  2. Banyak produk yang mayoritas diperjualbelikan oleh oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan kimia.
  3. Cara serta bentuk pengemasan di pasar tradisioanal yang kurang baik dan semakin hari semakin buruk membuat kurang di lirik oleh konsumen.
  4. Tingkat mutu atau kualitas setiap produknya tidak jelas.

 

PASAR MODERN

Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional,namun di pasar modern penjual dan pembeli tidak berinteraksi secara langsung melainkan si pembeli melihat lebel harga yang tercantum dalam baramg tersebut,berada dalam bangunan dan pelayanan dilakukan sendiri dan harga semua barang pun tidak bisa di tawar seperti harga barang di pasar tradisional.Di jaman sekarang banyak orang-orang yang beralih ke pasar modern karena di anggap lebih praktis walaupun harga yang di tawarkan oleh pasar modern lebih tinggi di bandingkan pasar tradisional.

Kelebihan:

  1. Pasar modern menyediakan lingkungan berbelanja yang lebih nyaman dan bersih, dengan jam buka yang lebih panjang, dan menawarkan aneka pilihan pembayaran seperti kartu kredit untuk peralatan rumah tangga berukuran besar.
  2. Barang yang dijual memiliki variasi jenis yang beragam,selain menjual barang lokal pasar modern juga menjual berbagain barang impor.
  3. Barang yang dijual mempunyai kualitas yang relatif lebih terjamin karena melalui penyeleksian yang ketat sehingga barang yang tidak memenuhi persyaratan klasifikasi akan di tolak.
  4. Dari segi kuantitas pasar modern memiliki persediaan barang yang terukur.
  5. Pasar modern Juga dikelola oleh pihak yang profesional dengan strategi manajemen pemasaran yang bagus.

 

Kelemahan:

  1. Praktik jual belinya dimana konsumen tidak bisa tawar menawar harga barang yang hendak dibelinya,karena harga telah ditetapkan.
  2. Dalam pasar modern penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung. Pembeli melihat label harga yang tercantum dalam bar code, berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.

 

Menurut saya pasar modern lebih berperan dalam pertumbuhan ekonomi secara umum karena dalam hal pendapatan pasar modern memperoleh lebih banyak daripada pasar tradisional,sehingga lebih banyak menyumbangkan pajak untuk negara yang dapat membantu negara dalam proses pembangunan.Pendapatan yang biasa diterima oleh penjual di pasar tradisional hanya sebatas untung saja dan tidak jarang mereka bisa mengalami kerugian yang banyak,sehingga tidak dapat membantu pendapatan negara secara umum.

Pasar modern juga dapat mencerminkan perekonomian negara yang semakin baik dari cara mereka mengelola pasar yang dapat memberi kenyamanan untuk konsumen dari segi kualitas atau mutu barang yang mereka jual,pasar modern juga  dapat berkembang dengan pesat karena dikelola oleh tenaga yang profesional dengan strategi manajemen yang baik dalam bersaing dengan pasar lain. Pesatnya perkembangan pasar  modern tersebut dipicu oleh dukungan yang diberikan oleh pemerintah serta kebijakan pemerintah untuk memperkuat kebijakan penanaman modal asing.

Pasar modern juga dapat meningkatkan mutu suatu produk sehingga dapat mempertinggi harga jualnya,sehingga ada tingkatan produk dari yang  berkualitas bawah sampai atas,ini juga dapat menguntungkan produsen. Tidak seperti di pasar tradisional semua produk masih terjual dengan harga relatif rendah tanpa memperhatikan tingkat kualitasnya,ini berdampak kurang baik khususnya buat produsen yang biasanya berasal dari pedesaan,seperti petani padi dll. Walaupun pasar tradisional memiliki peran penting dalam proses kegiatan ekonomi khususnya ekonomi menengah ke bawah yang masih mayoritas terdapat di indonesia.

Tapi pertumbuhan ekonomi tidak hanya di ukur melalui pertumbuhan ekonomi menengah ke bawah tetapi semua aspek dapat mempengaruhi,dan pasar modern  dapat berkembang dengan pesat ditandai banyaknya pasar-pasar modern diperkotaan seperti hypermart dll,sedangkan pasar tradisional terus mengalami penurunan semakin tahunnya. Ini dapat mencerminkan bahwa pasar modern lebih dominan dalam pertumbuhan ekonomi secara umum walaupun pasar tradisional tidak dihilangkan perannya dalam kegiatan ekonomi terutama kegiatan jual beli di kehidupan masayarkat.

 

By :Winda Hartati Sirumapea

Sumber: http://fhryamato.blogspot.com/2011/03/kekurangan-dan-kelemahan-pasar-modern.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s