Menenangkan pikiran dan menghilangkan stress

Menenangkan pikiran dan menghilangkan stress

Orang jaman sekarang banyak sekali yang stress karena masalah yang semakin rumit,terkadang ketenangan pikiran adalah hal yang mahal untuk mereka rasakan dan dapatkan.Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang begitulah salah satu kata dalam ayat Alkitab Amsal. Memang benar banyak penyakit yang menyerang tubuh seseorang karena hati dan pikirannya tidak tenang, dan salah satu penyakit tersebut adalah penyakit yang disebut sebagai Psikosomatik, yaitu penyakit fisik yang diperburuk oleh faktor mental seperti stres dan kecemasan.
Dan Setiap orang pasti mempunyai masalah yang beragam,dari masalah kecil sampai besar sehingga membuat orang tertekan akan masalah tersebut dan membuat pikiran stress.
Meskipun masalah yang dihadapi kecil sekalipun jika masalah tersebut bertumbukan akan mengakibatkan stress juga,sehingga akan mempengaruhi aktifitas keseharian anda.Disini ada beberapa cara yang dapat membantu anda dalam menenangkan pikiran dan menghilangkan stress pada diri anda:
1. Relaksasi
Relaksasi adalah sebuah teknik untuk mengatasi kekawatiran atau kecemasan dan juga stres yang dilakukan dengan cara pengendoran otot-otot dan syaraf. Dalam arti kata lain, relaksasi juga merupakan suatu kondisi istrahat pada aspek fisik dan mental manusia, sementara aspik spirit tetap aktif bekerja.Cukup tidur juga sangat diperlukan, Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.
Salah satu relaksasi yang umum dilakukan adalah dengan cara menarik nafas dalam-dalam, dan melakukan latihan-latihan ringan mengendurkan otot, serta dapat juga dilakukan dengan cara berkata-kata yang menyenangkan.

2. Mengubah Cara Pandang dan mengetahui penyebab stress
Mengubah cara pandang yang negatif menjadi sebuah pandangan yang positif adalah salah satu teknik cara menenangkan hati dan pikiran yang paling mudah dilakukan. Misalnya ketika Anda merasa sedang berada dalam posisi yang tidak menyenangkan, maka cobalah pikirankan bahwa posisi yang sedang Anda hadapi tersebut merupakan sesuatu yang memang benar-benar terjadi, tetapi hal itu bukanlah akhir dari segala-galanya dalam hidup Anda. Pertama-tama, cobalah untuk mencari tahu apa yang paling membuat anda merasa tertekan. Kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama
atau jangan-jangan sumbernya pikiran Anda sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil bisa memicu kondiisi stres

3. Humor
Humor dapat dijadikan sebagai salah satu cara menenangkan hati dan pikiran Anda. Humor dalam hal ini dapat ditemukan diberbagai media, baik di media internet, media televisi, dan juga media-media lainnya. Humor juga dapat ditemukan pada diri Anda sendiri, artinya dalam sebuah masalah yang sedang Anda hadapi sekalipun akan tersirat sebuah humor yang bisa menghibur diri Anda. Humor dapat menyebabkan kita tertawa dan tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

4. Melatih cara Berkomunikasi dan Bicara dengan teman
Dalam menjalin komunikasi dengan seseorang juga sering menjadi salah satu penyebab membuat hati Anda tidak tenang. Misalnya dalam menghadapi perbedaan pendapat dengan seseorang, maka ketika anda selalu ingin memaksakan kehendak kepada orang tersebut, maka tentu sebuah hal yang tidak menyenangkan mungkin saja bisa terjadi. Dalam hal ini maka perlu juga mempertimbangkan sebuah keputusan untuk mendengarkan pendapat orang lain, meksi dalam artian pendapat tersebut tidak mewakili keinginan Anda. Dengan demikian maka paling tidak akan teruji kesabaran dan sikap rendah hati dalam diri Anda. Saat ini tampaknya mengirim pesan singkat atau menggunakan aplikasi chatting adalah hal yang biasa dilakukan untuk ngobrol. Tapi cobalah untuk menelepon teman Anda. Berbicara dengan orang yang Anda sayangi bisa membantu tubuh memberikan respon positif.

5. Selesaikan Masalah secara Tuntas
Sebuah hal yang tidak menyenangkan hati terkadang dipicu oleh hal-hal yang datang dari diri sendiri, seperti adanya masalah yang belum diselesaikan, maka dalam hal ini sangat baik jika Anda menyelesaikan setiap masalah yang muncul dengan sesegera mungkin. Bila Anda merasa tidak mampu untuk menyelesaikannya secara pribadi, maka tidak ada salahnya mencoba untuk mendapatkan bantuan penyelesaian masalah yang sedang Anda hadapi dari orang-orang yang ada disekitar Anda.

6. Mengubah Lingkungan
Mengubah lingkungan dalam arti disini bukan selalu harus mengubah tempat tinggal Anda. Tetapi hal dalam perubahan lingkungan ini dapat dilakukan dengan menata kembali tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Mengubah lingkungan dapat juga berarti merubah aturan main dalam lingkungan tersebut, dan termasuk juga merubah kebiasaan diri Anda sendiri untuk menghindari lingkungan yang tidak menyenangkan. hal ini juga bisa dilakukan dengan bergaul dengan positif
Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

7.Belajarlah untuk berkata tidak dalam kehidupan
Sangat sulit rasanya untuk mengatakan ‘tidak’ dalam kehidupan pribadi atau profesional karena Anda berpikir bahwa dengan menolak, orang lain pasti akan merasa jengkel. Bersikap tegas ,Fokus pada tujuan Anda sendiri dan berani mengatakan tidak kepada mereka justru memberikan Anda ketenangan, ini tentu mencegah Anda terbawa pikiran stres daripada terpaksa berkata Iya sementara anda tak mampu menuanikannya, ujung-ujungya dapat menyebabkan stres.

8.Jangan Kedepankan Emosi
Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tanbah rumit.

9.Butuh Waktu Untuk Diri Sendiri
Cobalah untuk bersantai . Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga  Anda, membaca buku atau menonton film favorit,  bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan  benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

10.Mendengarkan Musik
Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.

11.Lakukan yoga
Ketika Anda merasa lelah dengan semua masalah di kantor maupun di rumah, luangkan waktu barang lima menit saja untuk melakukan pose ‘membuka hati’. Terdapat beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian pundak dan dada untuk melepaskan beban fisik dan mental. Postur ini bisa membantu melepaskan tekanan emosional serta menghilangkan efek negatif karena duduk terlalu lama.

12.Cari hal yang positif di sekitar kita.
Jangan terpaku pada kelemahan kita. Kumpulkanlah hal – hal yang positif dari diri kita dan berbahagialah dengan kelebihan kita tersebut.

Demikian yang bisa saya bagi dari beberapa sumber yang saya dapat untuk anda semua dan semoga bermanfaat .ketenangan pikiran dapat kita rasakan bila ada energi positif di dalam diri kita dan ketenangan pikiran akan muncul dengan sendirinya ,dan stress dapat kita hilangkan bila kita memperbaiki hal-hal yang salah yang menimbulkan stress itu sendiri.

 

 

 

Reff: http://lintas-infoku.blogspot.com/2013/05/cara-menghilangkan-stress-dan.html

          http://karodalnet.blogspot.com/2012/09/cara-menenangkan-hati-dan-pikiran.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s