Cara Diet Sehat

Cara Diet Sehat

Diet adalah kata yang sudah terdengar biasa saja di klangan wanita wanitaTentunya memiliki berat badan yang ideal serta body yang indah dan langsing menjadi idaman para wanita di dunia. Semua cara akan dilakukan siapa saja yang ingin mendapatkan tubuh yang indah. Dari mencoba produk obat serta cream yang dapat mengecilkan perut. Atau pun melakukan operasi sedot lemak yang juga banyak mengeluarkan badget yang cukup luar biasa.
Semua di lakukan agar mendapatkan bentuk badan sesuai keinginan.Tetapi terkadang para wanita melakukan diet yang ketat yang membahayakan kesehatan karena melakukannya tanpa petunjuk dari dokter.
Oleh karena itu tidak semua diet yang dilakukan bisa berhasil serta banyak dari aktifitas diet tersebut malah akan mengganggu kesehatan, utamanya organ pencernaan. Saat melakukan diet, banyak pula orang yang tergoda dengan makanan-makanan yang harusnya dihindari.
Olehnya saat diet, perlu adanya aktifitas yang teratur agar diet menjadi mudah dan berhasil dengan baik.

Blog Dokter memberikan 10 tips diet sehat dalam menurunkan berat badan:
1. Meningkatkan Waktu Olahraga

Berolahraga adalah cara umum saat ingin menurunkan berat badan. Yang paling rutin dilakukan adalah jogging sambil memakai jaket tebal agar kalori terbakar. Selain itu sit up berpuluh kali juga merupakan hal yang selalu menjai pilihan. Kami menyarankan agar anda mencoba menggunakan elliptical trainer dan treatment olahraga secara rutin yaitu selama 40 menit dalam 5 hari, ini akan membantu Anda mengurangi berat badan, serta badan akan terasa lebih bugar.

2. Kurangi dan Hindari Minuman Bersoda

Saat makan dan minum banyak dari kita yangtidak memperhatikan mengenai kandungan kalori dan lemak yang ada di dalamnya. Minuman soda yang terlihat ringan sebenarnya mengandung 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Selain itu, di dalam minuman soda tidak terdapat vitamin. Wanita yang terlalu sering minum minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis.

3. Jangan mengonsumsi Junk Food

Walau dalam kondisi yang super sibuk, hindarilah untuk mengonsumsi Junk Food atau makanan cepat saji. Walaupun terlihat sangat enak Junk Food merupakan makanan yang tidak begitu sehat. Selain itu sama halnya dengan minuman bersoda Junk Food memiliki kalori yang sangat tinggi dan tentunya akan sangat berbahaya bagi berat badan anda. Apalagi jika anda berada pada program diet, percaya saja, program diet Sahabat Dokter akan menjadi gagal total.

4. Kurangi Porsi Makan

Hal ini tentunya menjadi tantangan besar bagi Sahabat Dokter, apalagi ketika anda adalah orang yang memiliki porsi makan yang besar, mengurangi porsi makan akan membuat anda masih lapar ketika telah makan. Namun jangan khawatir, anda harus tetap berpegang pada program diet untuk menurunkan berat badan, sebab walaupun masih lapar tentunya asupan gizi tubuh anda sebenarnya sudah terpenuhi.

5. Makanlah Lebih Sering

Terjadi banyak kesalahan pada orang yang ingin menurunkan berat badan. Banyak dari mereka malah hanya makan sekali sehari guna menurunkan berat badan. Atau bahkan mereka tidak makan dalam sehari. Malah bagi Sahabat Dokter yang ingin menurunkan berat badan wajib bagi anda untuk makan lebih sering, namun ingat tetap pada porsi kecil. Hal tersebut karena organ pencernaan akan lebih aktif menghancurkan lemak dibanding jika tidak makan maka organ pencernaan hanya menimbunlemak dan alhasil menambah berat badan anda.

6. Perbanyak Buah dan Sayur

Banyak memakan buah-buahan serta sayur merupakan hal yang harus mengikuti pola makan yang baik. Banyak mengonsumsi sayur dan buah akan membuat asupan makanan dan nutrisi tercukupi tanpa banyak makan. Selain itu banyak khasiat dari sayur dan buah yang sangat bermanfaat bagi anda.

7. Minumlah Sebelum Makan

Air putih selain membantu proses metabolisme tubuh juga akan sangat membantu anda saat ingin mengurangi porsi makan. Disarankan bagi Sahabat Dokter yang menjalani program menurunkan berat badan haruslah minum air putih 5-10 menit sebelum makan. Hal tersebut akan mengurangi porsi makan anda.

8. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet

Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar, untuk memudahkan Anda menjalani program diet sehat dimanapun dan kapanpun. Tujuh di antaranya, bisa Anda simak di sini.

9. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Selain mengurangi porsi makan dan mengatur polanya, jenis makanan yang dimakan juga perlu diganti. Karbohidrat putih yang berasal dari nasi putih sebaiknya diganti dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yaitu karbohidrat yang beraal dari nasi merah. Olehnya itu Nasi putih sebaiknya anda ganti dengan nasi merah.

Mengapa nasi merah dapat sangat membantu menurunkan berat badan, hal itu terjadi sebab karbohidrat kompleks memiliki waktu yang cukup lama di cerna dalam tubuh.

10. Hindari Makanan yang Digoreng

Mengindari makanan yang digoreng sangatlah membantu. Sebab makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.

 

Reff:

http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/07/10-tips-diet-sehat-turunkan-berat-badan.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s