KEUTAMAAN DOA IBU

KEUTAMAAN DOA IBU

Do’a orang tua pada anak adalah do’a yang amat ampuh dan manjur. Baik do’a ortu tersebut adalah do’a kebaikan atau do’a kejelekan, keduanya sama-sama manjur. Di antara buktinya adalah kisah ulama besar hadits yang sudah ma’ruf di tengah-tengah kaum muslimin, Imam Bukhari rahimahullah.

Keutamaan Doa Ibu.Alhamdulillah setelah sekian lama Taman Berbagi tidak update postingan maka di hari ini akan kembali memposting mengenai keutamaan doa ibu dan semoga artikel islami doa ibu ini bermanfaat sahabat

Seorang ibu adalah sumsum dalam sebuah rumah.Dia yang menciptakan rumahnya indah seperti taman di surga atau panas seperti di neraka.Kata-katanya adalah doa untuk anak-anaknya.Kelembutan dan kejujuran kata-katanya ibarat baju besi yang melindungi anak-anaknya dari sabetan pedang kemungkaran.Kekasaran dan kejahatan kata-katanya menjerumuskan anak ke dalam jurang kesengsaraan.

Doa ibu langsung didengar oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan dikabulkanNya.Doa ibu termasuk ke dalam doa yang tidak di tolak oleh Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Tiga macam doa yang tidak ditolak, yang tidak diragukan lagi kedahsyatannya, yaitu doa orang tua kepada anaknya, doa orang musafir (orang yang sedang bepergiaan), dan doa orang yang dizhalimi.”( HR. Bukhari dan MUslim dari Abu Hurairah ).

Doa ibu pun disejajarkan dengan doa imam (penguasa) yang adil.Imam Abu Nu’aim dalam kitab Huliyahnya, mengilustrasikan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa empat macam doa yang mustajab, yaitu : doa imam (penguasa) yang adil, seseorang yang mendoakan saudaranya secara ghaib, doa orang yang teraniaya, dan doa orang tua kepada anaknya.

Gambar

Doa ibu yang mendoakan anaknya seperti doa nabi kepada umatnya.Hal ini tercetus dalam hadist :”Doa orang tua untuk anaknya bagaikan doa nabi terhadap umatnya.”
( HR. Ad Dailami ).

Ibu yang shaleh tidak menginginkan sesuatu untuk anaknya kecuali kebaikan.Tak putus-putusnya lisannya mendoakan anak-anaknya.Derita yang menimpanya tidak terasa, yang terpenting untuk dirinya adalah kebahagiaan anak-anaknya.Kita sering mendengar seorang ibu yang mengasihi anaknya yang sedang sakit berkata :”Ya Allah, pindah rasa sakit yang diderita anakku pada diriku saja.”

Profesor Doktor Shalih Al Ayid berkata tentang ibunya :”Sesungguhnya doa ibu tidak mungkin meleset, ibuku –semoga Allah merahmatinya — selalu ridha terhadap anak-anaknya dan sangat mencintai mereka.Oleh karena itu, ia selalu berdoa memohon kebaikan untuk mereka di setiap waktu, berdoa dengan hati yang bersih tanpa ada dendam dan kebencian.

Oleh karena itu, saya melihat dalam segala urusanku adalah hasil dari doa beliau secara nyata dan tidak ada keraguan sedikit pun.Berapa banyak pintu kebaikan terbuka untukku dengan tidak disangka-sangka dan berapa banyak tipu daya orang-orang yang hasad dan dengki menjadi runtuh karena karunia Allah disebabkan doa ibuku yang dikabulkannya.”

Reff :  http://tamannya-hati.blogspot.com/2012/01/keutamaan-doa-ibu.html    

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s