DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Teknologi komunikasi,dua kata ini tidak bisa dilepasakan dari kebiasaan hidup manusia sekarang ini.Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat segalanya serba ingin cepat dan instan serta mudah. Teknologi sebagai peralatan yang memudahkan kerja manusia membuat budaya atau kebiasaan ingin selalu dipermudahdalam segala hal dan menghindari kerja keras maupun ketekunan. Teknologi juga membuat seseorang berpikir tentang dirinya sendiri, Jiwa sosialnya melemah sebab merasa bahwa tidak memerlukan bantuan orang lain jika menghendaki sesuatu, cukup dengan teknologi sebagai solusinya serta merasa mempunyai dunia lain yang lebih menyenangkan yaitu dunia teknologi daripada besosialisasi dengan masayarakat sekitarnya.Terfokus kepada aspek sosial,pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi bisa membuat individu menjadi bersifat anti sosial. Ini dikarenakan karena individu tersebut merasa telah mencukupi aspek sosial hanya dengan berkomunikasi melewati teknologi yang sudah ada atau biasa disebut dunia maya tanpa memperhatikan lingkungan sosial disekitar individu tersebut. Terkadang seseorang merasa sibuk sendiri dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat ini,bisa dilihat dari antusiasnya masyarakat untuk membeli alat komunikasi terbaru yang berteknologi lebih canggih walaupun mereka harus mengorbankan banyak biaya untuk mendapatkan itu. Dengan adanya kemajuan teknologi ini individu tersebut merasa nyaman dan lengkap hanya dengan aktif dan eksis berada di dunia kemajuan teknologi komunikasi ini yang sekarang lebih identik dengan dunia maya. Beberapa tahun lalu masalah seperti ini lebih sering menimpa anak remaja seusia SMP sampai SMA,tapi untuk sekarang semua kalangan dari muda sampai dewasa mengalami keadaan ini. Hanya ada yang masih bersifat wajar tapi ada juga yang lebih parah anti sosialnya.

Disini saya lebih utama membahas ke dalam internet atau jaringan media sosial yang berada di internet yang merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat pada saat sekarang ini. Media sosial sangat gencar dan sangat tren di kalangan masyarakat pada saat sekarang ini. Masyarakat berlomba-lomba memiliki jaringan dan aktif di dalam media sosial agar terlihat eksis dan tidak ketinggalan informasi yang beredar. Media sosial ini bisa berupa twitter, facebook, tumblr, blog, instagram, path, dan banyak lagi jenis media sosial yang setiap saat selalu berkembang dan bahkan muncul jenis-jenis baru dari media sosial tersebut.Melalui akun media sosial itu mereka bisa mengupload foto ataupun status-status tentang apa yang mereka alami pada saat yang bersamaan ,cara begini lah yang membuat manusia seakan sudah tidak perlu teman untuk menemani dia bercerita tentang keseharian mereka.Berbicara tentang kemajuan teknologi komunikasi khususnya media sosial, tentu memiliki dampak yang positif dan negatif dari perkembangannya tersebut. Diantara dampak positif yang bisa di dapat adalah :

  • Media penyebaran informasi

Informasi yang up to date  atau terbaru sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Sejauh apapun tempat di dunia ini dapat kita ketahui informasinya dalam beberapa detik,internet menyediakan seluruh informasi yang kita butuhkan,seakan dunia ada di ujung sentuhan jari pada tab atau handphone.

  • Sarana mengembangkan Keterampilan dan sosial

Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.dan salah satu sarana untuk berkembang adalah melalui teknologi informasi.

  • Memperbanyak teman dari berbagai tempat

Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.saya pun mengalami hal ini karena twitter saya memiliki teman dari singapura,venezuella dan lain-lain yang bisa menjadi teman saya dalam hal sharing tentang hobby.

Beberapa dampak positif dari media sosial tersebut sangatlah berguna bagi kehidupan di masa sekarang. Dimana media sosial yang sudah ada sangat bisa di kembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan sangat berguna apabila digunakan sebagai mestinya dan tidak melakukan pelanggaran yang dapat merugikan orang lain.Di samping itu semua perkembangan teknologi khususnya komunikasi yaitu jejaring sosial pastilah memiliki dampak negatif,diantaranya :

  • Kejahatan dunia maya (cyber crime)

Berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam,Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.Tidak jarang juga terjadi kejahatan penculikan gara-gara jejaring sosial seperti facebook.karena jejaring sosial ini orang-orang bebas mengutarakan isi pikirannya mulai dari yang positif sampai yang negatif,negatifnya seperti menghina seseorang .Di indonesia sudah ada undang-undang bagi penyalahgunaan teknologi. Tetapi walaupun sudah banyak yang tertangkap gara-gara berkicau di jejaring sosial hal ini tetap tidak mengurangi lajunya penggunaan akun jejaring sosial.

  • Mengurangi rasa simpati dan kepedulian

Penurunan tingkat simpati dan empati atau kepedulian seseorang terhadap dunia sekitarnya dengan adanya jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.karena mereka sudah terlalu nyaman dengan dunia maya itu sendiri,ibarat pecandunarkoba pecandu jejaring sosial pun ada.

Ciri-ciri pecandu jejaring sosial adalah dia selalu ingin memiliki akun apapun yang termasuk jejaring sosial,setiap hari tak pernah melewatkan untuk up to date more news lewat internetbaik melalui hp ataupun sarana komunikasi lainnya. Pecandu disini beda dengan sesorang yang bekerja dan kerjaan nya menuntut dia untuk setiap waktu untuk up to date terhadap situs tertentu seperti sesorang yang bekerja di abgian financial perusahaan yang selalu up to date dengan nilai mata uang rupiah terhadap dollar.mungkin ini saja yang saya ketahui tentang dampak positif atau negatif dari perkembangan teknologi komunikasi dan saya berharap ini bermanfaat dan kita semua bisa mengendalikan diri agar tidak terpengaruh dengan dampak negatif tersebut.

Reff : http://citraindahsafitri.wordpress.com/2012/12/17/contoh-dampak-positif-dan-atau-negatif-dari-teknologi-komunikasi-dalam-kehidupan-masyarakat/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s