Masalah Pengangguran Yang Semakin Rumit Di Indonesia

Masalah Pengangguran Yang  Semakin Rumit

 Di Indonesia

Masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia bukanlah masalah yang baru terjadi,masalah ini sudah sangat mengakar di kehidupan masyarakat indonesia.Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena di sekitar tempat saya tinggal pun masih banyak pengangguran,walaupun sebatas anak muda yang tidak mau bersekolah ataupun orang yang memang sulit mendapatkan pekerjaan karena faktor-faktor tertentu. Dari data yang saya dapat selama tahun 2013 ini pengangguran di Indonesia sudah menurun sebanyak 70000 orang,tapi kalau dilihat berdasarkan data pemerintah pengangguran yang terjadi pada bulan februari 2013 sebanyak 7,17 juta angkatan kerja masih menganggur tetapi pada bulan agustus 2013 menjadi 7,2.

Sebenarnya saya masih bingung apakah jumlah pengangguran selama tahun 2013 itu naik atau turun? Tapi kalau dilihat dari kenyataannya jumlah pengangguran semakin naik. Contoh yang paling gampang adalah banyaknya pengangguran di kota banten,provinsi ini ditetapkan sebagain provinsi dengan tingkat pengangguran paling tinggi se-indonesia,tingkat pengangguran di banten mencapai 10,1% atau dua kali lipat dari angka rata-rata nasional.Baru baru ini badan pusat statistika merilis data strategis 2013,yang diantaranya mengungkap tentang kondisi ketenagakerjaan di seluruh provinsi Indonesia,termasuk angka pengangguran terbuka. Pada februari 2013,angkatan kerja masih terkonsentrasi di pulau jawa,yaitu sekitar 70,0 juta jiwa(57,72%) sementara sisanya yang sebesar 51,2 juta jiwa (42,28%)tersebar di seluruh provinsi indonesia.

Menurut saya pemerintah harus berupaya dengan semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah ini,yakni dengan membuka lapangan kerja baru,serta meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat agar memiliki keahlian yang bisa menjadi faktor penting agar dapat diterima dan bersaing di dunia kerja.Faktor pengangguran bisa berbagai macam, dan ini tidak boleh di abaikan oleh pemerintah. Usaha mengatasi pengangguran bukanlah kewajiban pemerintah semata. Seluruh penduduk Indonesia di harapkan partisipasinya untuk mengatasi masalah ini. Tanpa kerjasama pemerintah dan masyarakat mustahil dapat mengatasi pengangguran di Indonesia. Berikut adalah beberapa penyebab pengangguran yang umum terjadi di Indonesia:

  1. Pendidikan rendah

Pendidikan yang rendah dpat menyebabkan seseorang kesulitan dalam mencari pekerjaan. Di karenakan semua perusahaan membutuhkan pegawai seminimal SMA.

  1. Kurangnya keterampilan

 Banyak mahasiswa atau lulusan SMA yang sudah mempunyai kriteria dalam bekerja,namun dalam teknisnya keterampilannya masih kurang. Sehingga susah dalam mencari pekerjaan.

  1. Kurangnya lapangan pekerjaan

 Setiap tahunnya, Indonesia memiliki jumlah lulusan sekolah atau kuliah yang begitu tinggi. Jumlah yang sangat besar ini tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang ada, baik yang di sediakan oleh pemerintah maupun swasta.

  1. Kurangnya tingkat EQ masyarakat

Tingkat EQ meliputi kemampuan seseorang dalam mengandalikan emosi, yang berpengaruh terhadap keterampilan berbicara/berkomunikasi, bersosialisasi, kepercayaan diri, dan sifat lainnya yang mendukung dalam hidup di masyarakat. Orang yang pandai berkomunikasi dan pandai bersosialisasi lebih mudah mendapatkan pekerjaan di banding orang yang selalu pendiam dan tidak berani mengeksplor potensi diri.

  1. Rasa malas dan ketergantungan diri pada orang lain

Misalnya ada seorang lulusan sarjana yang kemudian tidak mau bekerja dan lebih suka menggantungkan hidup kepada orang tua atau pasangannya bila sudah menikah. Ia termasuk pengangguran, selain itu ia melewatkan peluang untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan bagi orang lain.

  1. Tidak mau berwirausaha

 Umumnya sesorang yang baru lulus sekolah/kuliah terpaku dalam mencari pekerjaan, seolah itu adalah tujuan yang sangat mutlak. Sehingga persaingan mencari pekerjaan lebih besar di bandingkan membuat suatu usaha.

 

Faktor-faktor ini membuktikan bahwa pengangguran itu muncul bukan hanya karna sistem pemerintah yang kurang bagus dalam mengatur perluasan tenaga kerja di Indonesia tapi pengangguran juga disebabkan oleh diri pribadi setiap orang yang selalu bermalas-malasan sehingga menjadi pengangguran. Sudah banyak cara yang telah dilakukan pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di indonesia salah satunya adalah program Usaha Kecil Menengah,walaupun cara ini tidak terlalu memberi dampak yang banyak terhadap perekonomian indonesia tetapi program ini menciptakan lapangan pekerjaan,sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.semua usaha pemerintah kita dalam menangani masalah pengangguran butuh dukungan dari kita sebagai masyarakat terutama orang-orang yang menyandang predikat pengangguran,mereka bisa mulai dari mengikuti sosialisasi pemerintah mengenai usaha kecil menengah,lalu berusaha meningkatkan skill ataupun akademis mereka agar memiliki keterampilan yang memadai untuk terjun kedunia kerja.

Masalah pengangguran ini bukan membuat hidup sesorang menjadi buruk saja karena beban psikologis serta beban sosial yang mereka tanggung karena mereka merasa tertekan dengan keadaan menganggur tetapi ini juga sangat merugikan pemerintah. Pengangguran ini dapat mengurangi pendapatan nasional dan pendapatan perkapita karena adanya tingkat pengangguran yang semakin tinggi,maka nilai komponen upah akan semakin kecil.Dengan demikian,nilai pendapatan nasional pun menjadi semakin kecil,Selain itu biaya sosial yang dikeluarkan semakin besar seperti biaya kesehatan.

Bila di lihat dari sisi penerimaan yang diterima pemerintah juga sangat berdampak,kita semua tahu penerimaan negara banyak berasal dari pajak terutama pajak penghasilan. Oleh karena itu bila tingkat pengangguran semakin banyak berarti semakin dikit saja orang yang membayar pajak atas penghasilannya ke negara,hal ini mengurangi jumlah penerimaan pemerintah. Bila kita tarik lagi dari akibat ini pastilah hal ini berhubungan dengan kelancaran pembangunan negara kita yang menggunakan dana pajak dari rakyat . Begitu besarnya dampak pengangguran yang merugikan orang pribadi maupun negara indonesia.pemerintah juga bisa mengatasi melalui cara program keluarga berencana agar dapat menekan tingkat pertumbuhan rakyat di indonesia yang dapat menambah jumlah pengangguran. Menurut saya faktor penunjang yang paling bagus untuk mengurangi pengangguran adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di indonesia. Sebenarnya saya bahkan semua orang sangat miris bila melihat perusahaan luar negeri yang mendirikan usahanya di indonesia serta memanfaatkan sumber daya alam indonesia dan menikmati keuntungannya ,tetapi mereka sangat sedikit dslsm penggunaa tenaga kerja yang berasal dari indonesia. Hal ini terjadi karena mereka tahu tingkat kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dibawah negara mereka berasal,sehingga mereka masih menggunakan tenaga kerja yang mereka bawa dari negara mereka.Walaupun mereka juga masih tahu diri dan menggunakan beberapa tenaga kerja dari indonesia walaupun sebagian besar diletakkan di bagian rendah,bila ada yang diletakkan di bagian yang bagus pasti orang itu benar-benar memiliki latar belakang akedemis yang bagus dan telah di akui serta skill yang memadai.oleh karena itu saya berharap mulai sekarang negara kita lebih berkonsentrasi terhadap usaha meningkatkan skill rakyatnya,karena sesorang yang mempunyai skill dapat menempatkan dirinya dibagian yang sesuai.Dan menjadikan perusahaan yang berasal dari indonesia yang mengelola kekayaan alam kita,sehinnga kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat besar. Indonesia adalah Negara yang kaya seharusnya seluruh rakyatnya lah yang mengelola dan menikmati hasilnya. Dari pembahasan yang saya ceritakan ini semoga bagi siapa saja yang membaca dapat mengerti maksud saya.Harapan rakyat indonesia hanyalah hidup sejahtera ,makmur dan nyaman sehingga mereka bisa menjalani hidup mereka dengan bahagia.

Kesimpulannya Pengangguran merupakan faktor penting dalam pembangunan nasional baik jangka panjang maupun jangka pendek. Pengangguran harus segera di atasi agar ekonomi indonesia bisa lebih baik dan mampu bersaing dengan luar negeri. Pemerintah diharapakan dapat mengatasi pengangguran dengan menyediankan lapangan pekerjaan atau program-program bina usaha untuk masyarakat kecil.

 

 

 

 

 

Reff : http://id.berita.yahoo.com/pengamat-ukm-beri-solusi-masalah-pengangguran-024548363–finance.html

http://www.antaranews.com/berita/230414/pengangguran-di-indonesia-capai-859-juta

http://senimanberbicara.blogspot.com/2011/05/masalah-pokok-dalam-pembangunan.html

By: Winda Hartati sirumapea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s